Halaman

Rabu, 18 November 2015

FAIDAH BUAH BELIMBING WULUH

Dalam beberapa literatur dan hasil sebuah penelitian dijelaskan bahwa daun belimbing wuluh dapat menurunkan gangguan hipertensi. Bukan hanya daun, tetapi buah belimbing wuluh juga berfaidah membantu menurunkan gangguan hipertensi. Itu terbukti dalam penelitian Fitriyah Yuskha dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor. Ia meneliti efek diuretik buah belimbing wuluh. Menurut guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia SpPD KR, efek diuretik salah satu cara herbal untuk membantuk menurunkan tekanan darah. “Dengan sering berkemih, maka volume darah berkurang” ujarnya.
 
Fitriyah melakukan riset pada 6 kelompok mencit jantan. Ia lalu mengukur aktivitas diuretik dengan mengukur volume urine mencit setiap jam selama 5 jam. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol buah belimbing wuluh pada dosis 2,5g/kg bobot tubuh memberikan aktivitas diuretic kuat pada jam ke-2 dan mencapai maksimu pada jam ke-3 pengamatan. Sebaliknya, pada dosis 5g/kg bobot tubuh aktivitas diuretik mencit tidak teratur. Artinya, pada dosis 5g sudah tidak efektif sebagai diuretik alami.

Hasil penelitian Florentina Wulandari, Rosnaeni, dan Sylvia Soeng dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jawa Barat, menunjukkan jus buah belimbing wuluh Averrhoa bilimbi juga dapat menurunkan kadar kolesterol total. Kolesterol merupakan penyebab penyumbatan pada pembuluh darah, yang menjadi pemicu hipertensi.



Sumber : Trubus Agustus 2013/XLIV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar