Halaman

Senin, 28 Juli 2014

KHASIAT DAN MANFAAT JAHE

JAHE
(Zingiber officinale Rosc.)




Tumbuhan semak berbatang semu ini tingginya bisa mencapai 30 – 1 m. Berdaun tunggal, berbentuk lanset dengan panjang antara 15 – 28 mm. Rimpang bagian dalam berwarna kuning. Tanaman yang menyukai sinar matahari ini hidup di daerah tropis dan subtropics. Akarnya akar serabut.

Suku : Zingiberaceae

Kandungan & Manfaat : Pedas sehingga menghangatkan tubuh dan mengeluarkan keringat. Minyak atsirinya bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, antiinflamasi dan antibakteri.

Kegunaan :
1.   Masuk Angin :
Seibu jari jahe tua dicuci, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air dan beri sedikit gula aren. Didihkan sekitar ¼ jam lalu saring. Minum hangat-hangat kuku.

2.   Batuk :
Seibu jari jahe dicuci, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Minum air rebusan tersebut sekaligus.

3.   Sakit Kepala/Migrain :
Seibu jari jahe dicuci, dibakar, dan dimemarkan. Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren. Minum airnya sekaligus.

4.   Rematik, Nyeri Pinggang, Nyeri Punggung :
Tumbuh rimpang jahe yang sudah dicuci, lalu beri sedikit eau de cologne. Gosokkan ke bagian yang sakit.

5.   Mengeluarkan Gas dari Perut :
Seibu jari rimpang jahe dicuci dan diiris-iris, lalu rebus dengan segelas air. Tunggu sampai agak dingin. Minum air rebusan tersebut sekaligus.

6.   Mabuk Perjalanan :
Sama dengan resep no. 5.

7.   Mual :
Cuci dan memarkan seibu jari jahe, seduh dengan segelas air. Beri sedikit asam jawa dan gula batu. Aduk, saring, lalu minum sekaligus.

8.   Eksem :
Seibu jari rimpang jahe diparut, lalu diperas. Parut juga sebuah lobak. Campurkan parutan lobak dengan air perasan jahe dan tambahkan sedikit air hangat. Tempelkan pada bagian yang terkena eksem.

9.   Panu :
Tumbuk 2 ruas jahe dan segenggam daun turi yang sudah dicuci bersih. Balurkan ramuan tersebut pada kulit yang berpanu.

10.   Terkilir
Dua ruas jahe diparut lalu tambahkan sedikit garam. Balurkan ramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukan 2 kali sehari.

11.   Vitiligo (bercak pada kulit karena kehilangan pigmen)
30 g jahe dibersihkan lalu dibuat jus. Bubuhkan jus tersebut pada kulit yang menderita vitiligo.

Semoga ramuan dan resep-resep yang tertuang di blog ini bisa menjadi perantara kesembuhan bagi yang membutuhkan.

#Intisari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar