Halaman

Selasa, 02 Desember 2014

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH TERONG

TERONG
(Solanum sp.)


Terong termasuk dalam keluarga/family Solanceae, satu keluarga dengan tomat, cabe dan kentang. Terong memiliki banyak jenis dan manfaat, ada jenis terong yang umum untuk dikonsumsi, tetapi ada pula yang justru berbahaya jika dikonsumsi. Jenis yang berbahaya dikonsumsi ini biasanya merupakan spesies liar dan belum dibudidayakan. Jenis ini biasanya mengandung senyawa toksin yang bila dikonsumsi akan menyebabkan keracunan, atau ada jenis terong tertentu yaitu Salonum melongena yang menyebabkan kemandulan sehingga berbahaya jika dikonsumsi bagi pasangan suami-isteri yang ingin memiliki keturunan.


Macam-macam jenis terong yang telah dikonsumsi dan memiliki khasiat sebagai obat adalah sebagai berikut :

SOLANUM MELONGENA L./SALONUM UNDATUN POIR
Khasiat :
Buah solanum melongena berkhasiat sebagai menjarangkan kelahiran, khususnya jika dikonsumsi oleh wanita. Untuk menjarangkan kelahiran dipakai 1-2 buah segar Salonum melongena, dicuci, dikupas, diiris-iris dan dimakan sekaligus.

Banyak mitos mengatakan kalau buah terong (Solanum melongena L) membuat badan jadi loyo. Mitos ini harus dikikis habis, fakta justru sebaliknya. Terong justru mengdongkrak gairah seksual pria karena efek afrodisiaknya. Penelitian ilmiah punya fakta lain, terong dapat mencegah kanker, kaya serat, mengandung vitamin A, B dan C serta mineral penting lainnya. Berbagai penyakit seperti wasir, reumatik, batuk, penyakit kulit, bahkan raja singa juga bisa disembuhkan dengan sayur “ajaib”ini.

Kandungan Kima :
Daun Solanum melongena mengandung saponin, flavonoida dan polifenol.

Klasifikasi :
Divis                 : Spermatophyta
Kelas                 : Magnoliopsida
Subkelas            : Asteridae
Ordo                 : Solanales
Famili                : Solanaceae
Genus                : Solanum
Species              : Solanum melongena L.

Deskripsi Tumbuhan :
Daun berbentuk bulat telur, elips, atau memanjang, memiliki permukaan yang cukup luas (3-15 cm x 2-9 cm), bentuk helainya menyerupai telinga, letak helaian daun-daunnya tersebar pada cabang batang, umumnya berlekuk denga tepi daun berombak, kedua sisi daun umumnya ditutupi rambut tipis yang masing-masing berbentuk bintang warna kelabu, tulang daun tersusun menyirip, pada tulang daun yang besar sering terdapat duri tempel.

Batang tumbuh tega, cabang-cabangnya tersusun rapat, berbentuk bulat, berwarna keunguan, umumnya ditutupi rambut tipis berbentuk bintang berwarna kelabu, ada yang memiliki duri tempel dan ada yang tidak memilikinya.


Bunga merupakan bunga majemuk dan sempurna, tumbuh pada cabang batang secara berseling, panjang anak tangkai bunga antara 1-2 cm, kelopak bertaju lima dan berambut, tabung kelopak berbentuk lonceng dan bersudut dengan tinggi 5-6 mm, mahkotanya berwarna ungu dan berjumlah lima, satu sama lain dihubungkan dengan selaput tipis, kepala sarinya berwarna kuning, tergolong dalam bunga banci atau kelamin dua (hermaphroditus) pada bunga terdapat benang sari maupun putik, kelopak yang tetap berkembang (ikut) menjadi bagian buah.

Buah berbentuk buni atau bulat memanjang, panjang tangkainya kurang lebih 3 cm, diameter buah 3 cm, buahnya berwarna ungu atau kuning.

Biji berbentuk bulat pipih, berwarna kuning kecoklatan. Akar memiliki sistem perakaran tunggang, berwarna putih kecoklatan.


________bersambung:
*rahasia tumbuhan berkhasiat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar