Halaman

Minggu, 07 Desember 2014

KHASIAT DAN MANFAAT GAN JIANG

GAN JIANG
(Zingiberis rhizoma)


Herbal ini memiliki nama Indonesia Rimpang Jahe kering, dalam bahasa Cina disebut Gan Jiang. Termasuk dalam family zingiberaceae. Tanaman ini cukup banyak dibudidayakan di Indonesia dan biasa dikenal sebagai salah satu TOGA (tanaman obat keluarga), dan dipergunakan untuk bumbu masak. Dapat hidup di daerah tropis dengan ketinggian 0-1.500 meter dpl, kecuali jenis jahe gajah di ketinggian 500 hingga 950 meter.
 
Rasa dari herbal ini tajam dan bersuhu panas. Kandungan kimia di dalamnya, yaitu minyak atsiri tersusun dari berbagai komponen yang meliputi kamfen, sineol, bernewol, geraniol, zingiberen dan zinggiberol; Oleoresin tersusun dari berbagai komponen yaitu gingerio, zingeron, shogaol, amilum, dan tannin.

Bekerja pada tubuh bagian limpa, perut, ginjal, jantung, dan paru-paru. Berkhasiat untuk mengobati : menghangatkan yang pada dingin anggota badan, denyut nadi sangat lemah, pingsan, dingin interior; menyerbar dingin terutama dingin di limpa: muntah dan diare, rasa dingin di perut, kehilangan nafsu makan, mual tubuh, lidah pucat dengan lapisan, lidah lembab putih, perut haid; menghalau basah-dingin limpa: muntah, diare, mual, merasa dingin. Paru: batuk, dahak putih tipis; mentransformasi dahak dingin pada batuk dahak, putih tipis; menyelamatkan Yang hancur pada dingin tungkai, pingsan, hilang atau detak jantung samar; menghentikan pendarahan karena kekurangan dingin: pendarahan rahim, pendarahan berulang kronis dengan dingin, dingin anggota badan, kulit pucat; meredakan nyeri perut kram, obstruksi sindrom (bi) menyakitkan.

Bagian yang digunakan, rimpang yang telah dikeringkan. Dosis 1-12 gram, standar 3 gram. Dimasak 20 menit.

Efek farmakologi, memperomosikan sekresi air liur danjus lambung dan mutilitas usus, memiliki sifat antiemetic, mempromasikan sekresi empedu, antibiotic, antijamur, antiparasit, nematocytic, menghambat agregasi platelet (mungkin melalui pembentukan tromboksan). Digunakan untuk mengobati, despepsia, kehilangan nafsu makan, mabuk, nafas kering, muntah. Penelitian terbaru menunjukan bahwa dapat meningkatkan tekanan darah. Tidak boleh dipergunakan untuk megobati tinggi morning sickness kehamilan. Kontradikiasi, Ying, kekurangan dengan panas dan gejala kebakara, pendarahan dengan tanda panas, penggunaan selama kehamilan harus hati-hati


#Kitab Obat Tradisional Cina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar