Halaman

Selasa, 02 September 2014

KHASIAT DAN MANFAAT ALFALFA

ALFALFA
(Medicago sativa L.)


Berasal dari kawasan Timur Tengah, dan berkhasiat obat. Al berarti Allah dan falfa berarti bapak dari segala makanan. Alfalfa juga dikenal sebagai “Tumbuhan Dewa” (King of Plants). Termasuk tumbuhan terna menahun, tinggi kurang dari 120 cm. Batang berwarna hijau. Daun hijau, berbentuk lonjong panjang ujung daun tumpul sampai lancip. Pertualangan daun menyirip, dan pinggir daun bergerigi. Bunga muda berwarna hijau, setelah tua menjadi ungu. Bunga keluar dari ketiak tangkai daun. Di Indonesia, tauge alfalfa banyak digunakan sebagai campuran salad, jus, campuran tumisan atau pelengkap hidangan utama.
 
Tanaman in mengandung 14 dari 16 mineral utama, seperti kalsium, kalium, sulfur, magnesium, sodium, yodium, zat besi, selenium, boron, dan krom. Alfalfa jugan mengandung 8 jenis essential aminoacid dari protein. Beragam vitamin juga ada di alfalfa, seperti vitamin A dan D. Sehingga tanamana ini sangat baik sebagai sumber vitamin, mineral, juga sumber serat, protein, dan lemak nabati.

Khasiat :
Mengobati berbagai macam penyakit. Tauge alfalfa mampu mengatasi alergi, mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Serat dalam alfalfa dapat mengikat lemak dan zat karsinogen penyebab kanker, di dalam saluran penceraan. Tingginya serat juga bermanfaat untuk mencegah sembelit.

Resep :
Tauge alfalfa dicuci bersih, kemudian dicampur dalam tumisan sayur yang sudah dipersiapkan. Tauge alfalfa juga bisa sebagai bahan tambahan salad.


#Flonaserial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar