Halaman

Sabtu, 20 September 2014

KHASIAT DAN MANFAAT GINGSENG JAWA

GINGSENG JAWA
(Talinum paniculatum (Jacq.) Gaertn)


Termasuk tanaman herba menahun, setinggi 70-80 cm. Batang berbentuk bulat, bercabang di bagian bawah, pangkal mengeras, dan berwarna ungu. Daun tunggal, berbentuk bulat telur, ujung membulat, pangkal tumpul, tepi daun rata, dan berwarna hijau. Bunga majemuk di ujung, dan bercabang. Buahnya kotak atau bulat, berwarna merah kecoklatan atau kuning. Sedangkan bentuk bijinya pipih, kecil, berwarna hitam.


Mempunyai akar tunggang berwarna cokelat. Dapat hidup dari dataran rendah, sampai ketinggian 1.250 m dpl. Jenis tanah yang cocok adalah tanah liat berpasir, tanah berpasir dan banyak mengandung humus. Dapat tumbuh baik dengan intensitas cahaya tidak kurang 75%.

Gingseng Jawa atau Som Jawa, mengandung saponin, flavonoid, tannin dan steroid (kalium 41,44%, natrium 10,03%, kalsium 2,21%, magnesium 5,50%, dan besi 0,32%). Zat-zat itu disinyalir mempunyai peranan seperti androgen/testosterone di dalam tubuh, hingga mempengaruhi jumlah dan motilitas spermatozoa. Bila kita rasakan, herba ini terasa manis, netral, dan bersifat menguat paru-paru.

Khasiat :
Daunnya juga dapat disayur sebagai penyegar badan.

Resep :
Sediakan beberapa lembar daun gingseng jawa,  kencur, bawang putih, dan garam secukupnya. Semua bahan dicuci hingga bersih. Kencur dan bawang putihnya dipotong kecil-kecil. Semua bahan itu dimasak dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, sayur bening daun gingseng bisa dinikmati. Agar lebih nikmat, tambahkan gorengan bawang merah.

#Flonaserial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar