Halaman

Selasa, 02 September 2014

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH MERAH

BUAH MERAH
(Pandanus conoideus Lam.)


Tanaman buah merah termasuk terna berbentuk semak atau perdu. Daun tunggal berbentuk lanset sungsang. Warna hijau tua, dan letaknya berseling. Ujung daun runcing, pangkal daun memeluk batang, permukaan daun licin. Batang bercabang banyak, tegak, bergetah, dan berwarna cokelat bercak putih. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 16 m. Akar serabut tipe perakaran dangkal. Cendrung masuk ke tanah hingga kedalam 94 cm. Akar tunjang muncul dari bagian batang dekat permukaan tanah.

Kultivar buah merah ada banyak, namun yang bernilai ekonomis antara lain buah merah panjang, merah pendek, cokelat dan kuning. Yang palaing banyak digunakan untuk obat adalah yang merah panjang. Kultivar merah panjang memiliki buah berbentuk silindris, ujung tumpul, dan pangkal menjantung. Panjang buah  mencapai antara 96-102 cm dan diameter 15-20 cm. Bobot buah mencapai 7-8 kg. Warna buah merah bata saat muda dan merah terang saat tua. Buah dibungkus daun pelindung, berbentuk melancip dengan duri pada tulang utama.

Buah merah mengandung senyawa aktif dalam kadar tinggi. Diantaranya betakaroten, tokoferol, dan asam lemak (asam oleat asam linoleat, asam linolenat, dan asam dekanoat).

Khasiat :
Betakaroten dan tokoferol (vitamin E) berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menetralisir zat radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan juga mampu menangkal dan memutus rantai radikal bebas-senyawa karsinogen penyebab kanker dan tumor. Kehadiran tokoferol, sel limposit, dan mononuclear dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh.
 
Buah merah juga mengandung omega-9 dan omega-3 dalam dosis tinggi. Sebagai asam lemak, buah merah mudah dicerna dan memperlancar proses metabolisme. Dan itu membantu penyembuhan penyakit. Buah ini juga mengandung zat antivirus.

Resep :
1.   Untuk orang sehat
Agar terhindar dari penyakit cukup mengonsumsi sari buah merah 1 kali sehari 1 sendok makan. Sedangkan untuk anak-anak, 1 kali sehari 1 sendok teh.

2.   Untuk penderita penyakit
Bagi yang menderita suatu penyakit disarankan mengonsumsi sari buah merah 1 sendok makan, sehari 2 kali. Khusus untuk tumor dan kanker, 1 sendok makan sehari 3 kali.


#Flonaserial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar