Halaman

Sabtu, 11 April 2015

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH NANGKA

NANGKA dengan nama latin Artocarpus heterohyllus merupakan tumbuhan yang dapat mencapai tingi 30 m. Batangnya berbentuk bulat silindris dengan diameter yang dapat mencapa 1 m. Daun nangka tunggal dan tersebar dengan tangkai sepanjang 1-4 cm. Helai dau tebal dan kaku dengan tepi rata berbentuk bulat telur terbalik sampai jorong dengan pangkal menyempit.

Bunga jantan nangka berada dalam bongkol berbentuk gada dengan cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol. Bunga jantan ini berwarna hijau tua dan serbuk sarinya berwarna kekuningan dengan bau harum bila dimasak. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong dan berwarna hijau tua.

Buah nangka berbentuk gelendong memanjang dengan sisi luar berbentuk duri lunak pendek. Daging buah berwarna kuning keemasan saat masak berbau harum masih yang kuat dan kadang berisi cairan yang manis. Biji nangka berbentuk lonjong sampai jorong aga gepeng ditutup oleh kulit biji yang tipis coklat seperti kulit.

CARA MENDAPAT NANGKA
Nangka banyak digunakan sebagai tanaman pagar di Indonesia. Bibitnya dapat ditemukan di Unit Konservasi dan Budidaya Biofarmaka Pusat Studi LPPM IPB.

KHASIAT NANGKA
Secara tradisional, daun nangka digunakan sebagai pakan ternak. Buah mudanya (nangka muda) digunakan sebagai sayuran. Nangka dilaporkan mengandung banyak senyawa antioksidan sehingga baik untuk mencegah kanker. Selain itu, nangka juga dilaporkan baik untuk penderita diabetes terutama daunnya. Nangka juga memiliki aktivasi antibakteri dan juga baik digunakan sebagai pemutih kulit.


#sehat alami dengan herbal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar