Halaman

Minggu, 26 April 2015

RESEP TRADISIONAL UNTUK ATASI NYERI HAID

Haid adalah waktunya darah kotor keluar karena sel telur tidak dibuahi. Setiap bulan, wanita akan mengalami siklus haid, biasanya selama 6-8 hari. Satu hari sebelum haid hingga hari pertama haid biasanya perut akan terasa sakit sekali. Bahkan pada beberapa kasus yang berat, nyeri haid itu terasa sangat hebat, sampai ada yang tidak bisa melakukan pekerjaan apapun. Bagi anda yang merasa terganggu dengan nyeri haid, anda bisa mencoba beberapa resep berikut untuk meredakannya.

Ramuan I
Bahan-Bahan :
3 rimpang kunyit
Asam jawa secukupnya
Gula merah secukupnya

Cara membuat :
Kupas kunyit, kemudian dicuci dan iris memanjang. Seduh dengan air panas tambahkan asam jawa dan gula merah pada seduhannya. Aduk hingga semuanya tercampur rata dan gula larut seluruhnya. Minum ramuan ini sekali hangat.

Ramuan II
Bahan-Bahan :
30 gr temulawak
30 gr temuhitam
20 gr jahe
20 gr asam jawa
Gula merah secukupnya
600 cc air

Cara membuat :
Temulawak, temuhitam dan jahe dikupas kemudian dicuci, masukkan ke dalam gelas bersama asam jawa. Rebus air hingga mendidih, masukkan gula merah, rebus hingga air berkurang. Tuang air rebusan gula pada gelas berisi temulawak, temuhitam, jahe, dan asam jawa. Minumlah ramuan ini selagi hangat.

Ramuan III
Bahan-Bahan :
15-30 gr daun dewa segar
20 gr kunyit
600 cc air

Cara membuat :
Cuci daun dewa dan kunyit sampai bersih. Rebus air hingga mendidih, masukkan daun dewa dan kunyit, sampai air berkurang hingga setengahnya. Saring rebusan ke dalam gelas yang telah disiapkan, tunggu sampai menjadi hangat. Ramuan pun siap untuk diminum.

Ramuan IV
Bahan-Bahan :
100 gr kunyit segar
100 ml air jeruk nipis
1 ½ sendok makan madu
Air secukupunya

Cara membuat :
Parutlah kunyit, campurkan dengan air, kemudian rebus hingga mendidih. Saring air rebusan ke dalam gelas, tambahkan madu dan air jeruk nipis, aduk rata dan tunggu sampai menjadi hangat. Ramuan pereda nyeri hadi siap untuk diminum.


#herbaplus.nov14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar