Halaman

Rabu, 25 Desember 2013

MANFAAT DAN KHASIAT ALANG-ALANG

ALANG-ALANG
(Imperata cylindrical L.)



Tumbuhan liar ini menyukai tanah yang kering dan banyak mendapat sinar matahari. Tingginya antara 30 – 180 cm. Batangnya padat, daunnya seperti rumput. Yang banyak dipakai sebagai obat adalah akarnya.

Suku : Poaceae

Kandungan & Manfaat : menurunkan panas dan melancarkan air seni karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Selain itu juga menghentikan pendarahan.

Kegunaan :
1.   Melancarkan air seni :
250 g akar alang-alang, sedikit gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit, setelah dingin, disaring, diminum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

2.   Kencing batu :
100 g akar alang-alang, ½ genggam daun meniran, ½ genggam daun kumis kucing, direbus dengan 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, disaring, diminum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas, sampai batu keluar.

3.   Hipertensi akibat sakit ginjal :
200 g akar alang-alang, sedikit tangkue (manisan dibuat dari labu putih) direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Setelah dingin, disaring. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

4.   Radang paru-paru :
500 g akar alang-alang, 5 helai daung sembung, 10 kuntum bunga melati kering, dan sedikit garam direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Lalu saring. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.
 
5.   Asma :
100 g akar alang-alang, 25 g kencur, 25 g daun sirih direbus dengan 1 L air sampai airnya tinggal setengah. Saring, beri 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Diminum sekaligus saat akan tidur malam.

6.   Mimisan :
200g akar alang-alang dicuci bersih lalu direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas. Setelah dingin, disaring, diminum. Ramuan ini untuk diminum 3 kali sehari.

7.   Hepatitis :
Ramuan no. 6 juga bisa dipakai untuk kasus hepatitis.

8.   Prostat :
500 g akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, ramuan ini untuk diminum 3 kali sehari.

9.   Diare :
250 g akar alang-alang dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air selam 15 menit. Sekali minum 1 gelas, segera setelah buang air besar.

10. Keputihan :
500 g akar alang-alang, 2 tangkai daun papaya, 5 g pulasari direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.


#Intisari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar