Halaman

Senin, 30 Desember 2013

MANFAAT DAN KHASIAT BELIMBING WULUH

BELIMBING WULUH
(Averhoa bilimbi L.)


Tumbuhan berbatang keras ini bisa mencapai ketinggian 10 meter. Buahnya berwarna hijau muda, berbentuk lonjong sebesar ibu jari dan rasanya asam. Buahnya sering dipakai ibu-ibu untuk memasak sehingga sering disebut juga belimbing sayur. Daunnya yang kecil berhadap-hadapan. Bunganya berwarna merah muda keunguan.

Suku : Oxalidaceae

Kandungan & Manfaat : sebagai antiradang karena  mengandung flavon. Selain itu, kaliumnya melancarkan air seni (diuretic) sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Belimbing wuluh ini juga mampu mengeluarkan dahak dan menurunkan panas.

Kegunaan :
1.   Hipertensi :
Cara I : Rebus 3 buah belimbing wuluh yang diiris-iris dengan gelas air sampai tinggal setengah. Saring lalu diminum 1 kali pada pagi hari.
Cara II : 3 buah belimbing wuluh diparut lalu diperas airnya. Diminum 1 kali sehari.

2.   Diabetes :
6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 2 kali sehari.

3.   Gondongan :
½ genggam daun belimbing ditumbuk dengan 3 bawang putih. Kompreskan ramuan tersebut pada bagian yang gondongan.

4.   Jerawat :
3 buah belimbing wuluh diparut, diremas dengan sedikit garam. Gosokkan ramuan tersebut ke jerawat.

5.   Reumatik :
Segenggam daun belimbing wuluh dicuci, lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit kapur sirih. Gosokkan ramua tersebut ke bagian yang sakit.

6.   Sariawan :
10 kuntum bunga belimbing wuluh, sedikit asam jawa, sedikit gula aren direbus denga 3 gelas air sampai airnya tinggal 3/4. Saring. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

7.   Gusi berdarah :
2 buah belimbing wuluh dimakan setiap hari sampai keluhan gusi berdarahnya sembuh.

8.   Sakit gigi :
5 buah belimbing wuluh setelah dicuci bersih, dikunyah dengan sedikit garam. Ulangi beberapa kali agar rasa sakitnya hilang.

9.   Batuk :
Segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunga, dan 2 buahnya serta gula batu secukupnya direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Ramuan ini cukup untuk diminum 2 kali sehari.

Catatan : Karena buah belimbing wuluh asam, sebaiknya tidak dimakan oleh penderita sakit maag.


#Intisari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar