Halaman

Senin, 30 Desember 2013

MANFAAT DAN KHASIAT BELIMBING MANIS

BELIMBING MANIS
(Averhoa carambola L.)


Belimbing buah batang pohonnya keras, daunnya rimbun. Bunganya kecil-kecil berwarna merah dan sedikit putih. Pohon belimbing ini berbuah hampir sepanjang tahun. Buahnya berusuk lima, rasanya manis dan banyak mengandung air.

Suku : Oxalidaceae

Kandungan & Manfaat : Seratnya yang tinggi mampu mencegah penyebaran lemak hingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu, serat yang tinggi ini juga memperlancar pencernaan. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi baik untuk antikanker. Belimbing buah karena mengandung banyak air bermanfaat menurunkan panas, melancarkan air seni, dan mengeluarkan dahak.

Kegunaan :
1.   Diabetes, kolesterol, batuk, radang tenggorok, demam :
2 (dua) buah belimbing yang sudah masak, dimakan 2 kali sehari.

2.   Hipertensi :
Cara I : beberapa buah belimbing muda diparut lalu diminum air perasannya. Lakukan hal ini 2 kali sehari.
Cara II : segenggam dau belimbing manis dicuci bersih, ditumbuh, diperas, dan diambil airnya sebanyak 1 sendok makan. Campurkan air perasan tersebut dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan ½ sendok makan madu. Lakukan hal ini 2 kali sehari.

3.   Bisul :
Beberapa helai daun belimbing segar dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi air cucian beras. Tempelkan ramuan tersebut ke bisul dan balut.

4.   Reumatik :
Tumbuk akar pohon belimbing dengan sedikit hancur. Campurkan tepung beras secukupnya dan sedikit air ke ramuan tersebut. Tempelkan ke bagian tubuh yang sakit.


5.   Melancarkan air seni :
Segenggam daun belimbing manis setelah dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Air rebusan ini disaring, diberi sedikit madu. Ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

6.   Malaria :
Segenggam bunga belimbing kering diseduh dengan segelas air mendidih. Saring dan minum 2 kali sehari.

7.   Sakit maag :
10 helai daun belimbing ditambah seujung jari kunyit, dan seujung jari temu kunci direbus dengan ½ gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, disaring airnya diminum sekaligus 1 kali sehari.


#Intisari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar