Halaman

Rabu, 25 Desember 2013

MANFAAT DAN KHASIAT ADAS

ADAS
(Foeniculum vulgare Mill)


Tanaman ini tingginya antara 0,5 – 3 m. Daunnya halus. Kita bisa memakai buahnya yang harum dan panjangnya kira-kira 0,5 untuk obat. Dalam pengobatan, adas sering sekali dipadukan dengan kulit kayu pulasari (Alyxia reinwardtii BI).


Orang Inggris menyebut adas dengan sebutan fennel, sedangkan orang Belanda menyebutnya venkel.

Adas ini sering pula disebut adas pedas, berbeda dengan adas untuk bumbu masakan. Adas untuk bumbu masakan biasa disebut “jinten manis”, walaupun orang Minang menyebut adas pedas sebagai adeh manih.

Adas manis atau jinten manis (Pimpinella anisum L. dari suku apiaceae juga) oleh orang Inggris disebut anise dan oleh orang Belanda anjis. Tanamannya paling-paling hanya 0,5 m, berdaun halus juga. Kadang-kadang jinten manis dipakai pula sebagai obat tetapi yang resepnya tertera di bawah ini memakai adas pedas.

Masih ada adas lain, yaitu adas sowa yang kadang-kadang disebut pula adas obat atau ender (Anethum graveolens L. dari suku apiaceae). Dalam bahasa Inggris adas sowa disebut dill dan dalam bahasa Belanda dille.

Yang kita pakai dalam resep-resep di bawah ini adalah adas yang diceritakan pertama (fennel, venkel).

Suku : Apiaceae

Kandungan & Manfaat : Ia mengandung minyak atsiri seperti limonina yang mengharumkan, sedangkan kandungan flavonoida-nya berkhasiat menyembuhkan radang. Minyak atsiri juga membunuh mikroba. Kandungan adas hitam juga membantu mengeluarkan angin, dan mendorong pengeluaran air seni (diuretic).

Kegunaan :
1.   Batuk pada anak-anak :
1 sendok teh penuh adas, sepotong kulit kayu pulasari berukuran 4 cm dan 1 bawang merah dikupas. Semua dicuci, dilumatkan. Beri 1 gelas air dan sepotong gula batu, masak sampai airnya tinggal gelas. Separuh diminumkan sebelum sarapan dan separuh lagi sebelum tidur. Ulangi beberapa hari.

2.   Sakit perut pada anak, diare 3-4 kali sehari, mual, kembung :
3 sendok teh adas, 5 pucuk daun jambu klutuk, 10 cm pulasari. Semuanya dicuci dan dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Saring. Airnya separuh diminum pagi dan separuh lagi malam hari.

3.   Ambeien :
3 sendok teh penuh adas, 1 bawah merah dikupas, 1 cangkir daun patikan cina, ½ cangkir daun meniran. 1 sendok teh penuh jinten putih (Cuminum cyminum L.). Semua dicuci, direbus dengan 1 L air sampai tinggal setengahnya. Supaya rasanya lebih enak diberi gula batu. Saring dan minum 4 – 5 kali sehari. Ulangi selama beberapa hari.

4.   Ambeien yang terus-menerus dan berdarah :
2 sendoh teh penuh adas, 4 cm kulit batang pulasari dicuci, dimemarkan dan direbus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Beri gula aren semanisnya. Saring. Satu pisang batu/klutuk yang masih muda dicuci bersih lalu diparut bersama kulitnya. Airnya diperas dan dicampur dengan air rebusan adas pulasari. Minum sekali sehari. Keesokan harinya diulangi sekali lagi.

5.   Bau mulut karena sariawan atau sakit tenggorokan :
1 sendok teh adas, 1 cangkir daus beluntas, 2 biji kapulaga, dicuci, dilumatkan. Beri sedikit garam. Seduh dengan secangkir air. Setelah dingin diperas dengan kain. Untuk 3 kali pakai sehari. Jangan langsung ditelan, tapi biarkan beberapa saat di mulut, lalu sedikit demi sedikit ditelan. Ulangi selama beberapa hari.

6.   Biduran :
2 sendok teh penuh adas, kunyit ukuran 7 cm dikupas, 2 bawang merah dikupas. Semua dicuci, dilumatkan, diseduh dengan 1 ½ gelas air, dibiarkan sebentar lalu disaring dengan kain. Untuk diminum 3 kali sehari setengah gelas. Ulangi beberapa hari.

7.   Demam :
2 sendok teh penuh adas, 4 cm kulit batang pulasari dicuci, dimemarkan, direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Saring. Labu air dicuci, dikupas dan diparut. Diperas dengan kain sehingga airnya menjadi hampir 1 gelas. Campurkan dengan air rebusan adas pulasari dan 2 sendok makan madu. Diminum sekaligus.

8.   Mencegah stuip pada anak :
Kalau anak demam dan sulit kencing, untuk menurunkan panasnya bisa diberikan : 4 sendok teh adas, 6 cm kulit batang pulasari, 7 butir biji anyang-anyang. (Anyang-anyang atau Elaeocarpus grandiflorus J. Sm. Biasa disebut rejasa). Semua dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Saring. Sehari diminum 1 gelas.


#Intisari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar